Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit
Semakin meningkatnya pengetahuan Masyarakat saat ini turut mendorong peningkatan tuntutan Masyarakat untuk mendapatkan hak nya dalam berbagai bidang terutama dalam bidang Kesehatan. Masyarakat mengharapkan terdapat sebuah fasilitas pelayanan Kesehatan yang dapat memenuhi tuntutan kebutuhan Masyarakat untuk mendapatkan kualitas pelayanan Kesehatan yang baik.
.png)
Di dalam pelayanan kesehatan dituntut untuk lebih memfokuskan pada kebutuhan pelanggan, sejalan dengan meningkatnya tuntutan masyarakat akan pelayanan yang lebih baik. Dengan adanya pelayanan prima dapat menjadikan karyawan mempunyai acuan dalam bekerja. Pelayanan dirumah sakit dapat dinilai dari kepuasan pasien karena pasien atau keluarga pasien akan berinteraksi langsung dengan karyawan rumah sakit, maka sangat diperlukan penerapan pelayanan prima yang lebih baik untuk melayani pasien.
Kepuasan pasien merupakan hal yang sangat subyektif, sulit diukur, dapat berubahubah, serta terdapat banyak sekali faktor yang berpengaruh sebanyak dimensi didalam kehidupan manusia. Pentingnya pelayanan prima sangat mempengaruhi kualitas pelayanan, adapun standar pelayanan faktor A6 yang terdiri dari :
Sikap (Attitide),
Perhatian (Attention),
Tindakan (Action),
Kemampuan (Ability),
Penampilan (Appearance),
Tanggung jawab (Accountability)
Jika ke 6 hal ini diterapkan di rumah sakit tentunya akan mendapatkan respon baik dari pelanggan internal atau pasien. Keberhasilan pelayanan kesehatan di rumah sakit tidak terlepas dari berbagai faktor pelayanan salah satunya dalam pelayanan prima, Oleh karena itu, pelayanan prima sangat dibutuhkan dan harus diterapkan dengan baik agar dapat memberikan pelayanan maksimal bagi pelanggan. Karyawan harus ramah,selalu memberi perhatian kepada pasien,berpenampilan yang sesuai, bertanggungjawab dan melakukan tindakan yang sesuai kemampuan.